Macam-macam Metode Pembuatan Pupuk Kompos Lengkap

Metode dalam Membuat Pupuk Kompos – Pupuk alami kompos atau biasanya disebut dengan kompos saja, mengandung sejuta manfaat.Manfaatnya bukan hanya untk tanaman, namun juga tanah, manusia, lingkungan dan bahkan keberlangsungan hidup dan bumi manusia.Selain itu, kompos juga dapat dibuat sendiri dengan menggunakan alat dan bahan sederhana. Tentu tergiur untuk membuat kompos yang murah dan murah.Pembuatan kompos memang memiliki beberapa metode. Hal tersebut dikarenakan bahan yang dipakai bisa saja berbeda atau digabung, dan alat yang digunakan berbeda seiring dengan perkembangan zaman.Namun demikian, setidaknya ada beberapa cara mudah dan sederhana yang dapat anda lakukan jika ingin membuat kompos.

Baca Juga:

Morfologi Pakis haji (Cycas rumpii) Beserta Penjelasannya


Metode yang dapat digunakan:

Metode sistem windrow atau aerob

Metode ini sangat mudah dilakukan, namun memerlukan ruang yang agak luas, disesuaikan dengan banyak kompos yang akan dibuat.Bahan yang dapat digunakan untuk metode ini adalah bahan yang berasal dari tumbuhan, seperti dedaunan yang mudah membusuk.Pada sistem ini dilakukan dengan penumpukan bahan secara memanjang. Tingginya sekitar 0.6 m sampai dengan 1 meter, sedangkan panjang bisa 40-50 m. Untuk lebar cukup 2 m.Seperti namanya, aerob, metode ini memanfaatkan sirkulasi udara yang baik dalam pembusukan (proses pengomposan), namun dapat dipastikan anda harus menjaganya agar tidak terkan hujan, sehingga membutuhkan atap.Untuk mendapatkan hasil yang baik anda juga perlu melakukan pembalikan bahan secara berkala sampai terbentuk kompos secara sempurna.

Metode pengomposan non-aerob

Metode ini merupakan kebalikan dari metode pertama diatas. Jika dibandingkan dengan metode pertama, metode ini setidaknya sudah lebih canggih.Suhu optimal dalam metode pengomposan ini adalah sekitar 30-40 derajat Celcius.Metode ini biasanya berbahan baku kotoran sapi yang tinggi karbondioksida atau boleh juga tumbuhan atau dicampur.
Dengan sistem yang masih mirip dengan sistem aerob, metode ini memanfaatkan sirkulasi udara melalui pipa yang dilubangi.Tumpukan bisa lebih dari 1 m tingginya. Kelebihannya adalah tidak perlu membalik bahan, kekurangan dari metode ini adalah diharuskannya mengatur bahan baku agar sama atau bersifat homogen pada saat melakukan penumpukan.Perlu juga diatur  agar ada rongga udara yang cukup, ditambah bahan (tumbuhan) yang terlalu besar harus dipotong-potong menjadi 4 – 10 cm. 

Metode pembuatan pupuk kompos Sistem In Vessel

Metode yang ketiga namanya keren, sistem in vessel. Untuk melakukan metode ini memerlukan kontainer sebagai wadahnya.Penggunaan kontainer memang membantu untuk mengurangi bau saat pembusukan dan sistem udara juga sudah diatur dengan baik.Pada metode pembuatan ini anda dapat menggunakan bahan apa saja, mulai dari tumbuhan, kotoran hewan dan makanan. Dapat juga dicampur dengan komposisi yang proporsional.Namun tentu pemakaian kontainer dapat menambah biaya dalam proses pembuatan kompos.
Metode ini dapat juga menggunakan bahan cair, seperti limbah atau kotoran hewan yang cair.

Metode Bangalore

Metode ini mungkin terdengar aneh namanya saja, namun pelaksanaan dengan menggunakan lubang.Waktu yang diperlukan setikar 6-8 bulan. Selama proses pembuatan harus dilakukan pembalikan juga secara berkala, dan harus ditutupi dengan tanah atau lumpur.Bahan yang digunakan terdiri atas campuran kotoran hewan atau manusia dan sampah kota, seperti sisa makanan dan sampah rumah tangga. Metode ini sangat sesuai untuk wilayah dengan kondisi curah hujannya yang rendah.

Baca Juga:

Tanaman Buah Naga Gagal Berbuah Ini cara Lengkap Mengatasinya


Metode Vemikompos

Metode ini memanfaatkan aktivitas cacing (Vermik dalam bahasa Latin), dalam membantu proses pengomposan.Cacing tanah dimanfaatkan kotorannya untuk membantu proses pembusukan. Beberapa negara di Asia sudah memanfaatkan metode ini untuk mengatasi masalah sampah.Metode ini dilakukan dengan tiga tahapan, pertama adalah pengadaan cacing, kedua perbanyakan cacing tanah dan selanjutnya proses pengomposan.Tentu masih banyak metode yang dapat dilakukan, namun lima contoh diatas dapat mewakili cara-cara konvensional sampai dengan modern. Metode apapun yang dilakukan tentu tujuannya sama untuk mendapatkan manfaat kompos yang baik.

 Penelusuran yang terkait dengan Metode dalam Membuat Pupuk Kompos
  • prinsip pengolahan sampah menjadi biogas
  • metode pengomposan pdf
  • cara pembuatan pupuk kompos sederhana
  • jenis jenis kompos
  • cara membuat pupuk kompos dari daun kering
  • cara membuat kompos organik dengan em4
  • cara membuat kompos cair
  • cara membuat kompos dari daun kering


EmoticonEmoticon