Lengkap Manfaat dan Peranan Pupuk Kompos

Manfaat dan Peranan Pupuk Kompos – Kompos merupakan salah satu pupuk paling alami yang banyak digunakan untuk pertanian.Pupuk kompos, atau sering disebut kompos saja dapat dibuat secara sederhana oleh siapapun.Pupuk organik ini mulai dikembangkan lagi akhir-akhir ini mengingat kondisi tanah yang mulai memburuk.Di era ini, dengan kondisi produksi dan konsumsi pangan yang boros, pengomposan menjadi solusi yang baik untuk mengatasi limbah makanan.Semakin hari limbah makanan menjadi masalah yang harus diatasi, karena jumlahnya bertambah.Kabar baiknya, limbah makanan dapat dijadikan kompos yang baik bagi tanaman dengan pengolahan yang sederhana.
Beberapa manfaat dan peranan kompos yang sering kita abaikan:

Meningkatkan kapasitas serap air tanah

Sudah sejak lama kompos digunakan oleh nenek moyang kita sebelum mengenal pupuk buatan.Bukan hanya berguna untuk tanaman, ternyata kompos bermanfaat untuk meningkatkan daya serap air tanah. Kompos dapat meningkatkan aktivitas mikroba di dalam tanah.Dengan bahan yang alami, kompos membantu akar tanaman untuk meningkatkan daya serap air tanah.

Baca Juga:

Pengertian Jaringan Parenkim, Ciri, Sifat, Fungsi & Jenisnya


Memperbaiki struktur tanah

Terdapat perbedaan yang mendasar antara tanah yang diberi pupuk kompos dan tanah yang diberi pupuk non-kompos (pupuk anorganik).Tanah yang diberi pupuk anorganik secara terus menerus akan mengalami penurunan mutu unsur hara dan akan meningkatkan kekerasan struktur tanah.Sedangkan tanahn yang diberi pupuk kompos akan mampu mempertahankan struktur tanah.

Mengurangi limbah

Di era sekarang ini, pembuatan pupuk kompos tidak hanya terbatas dari dedaunan dan kotoran hewan.Indonesia memang terkenal dengan orangnya yang sering menyisakan makanan.Makanan yang mengandung banyak nitrogen yang dapat merusak lingkungan dapat dimanfaatkan menjadi bahan kompos.

Menekan pertumbuhan/serangan penyakit tanaman

Kita sering mendengar berita bahwa saat ini banyak penakit tanaman dan hama akibat perubahan cuaca, kondisi tanah dan hal lainnya.Berkembangnya perusahaan pupuk dan obat-obatan buatan untuk tanaman sebenarnya memberikan dampak buruk bagi lingkungan dan tanah jika dilakukan terus-menerus.Tanah perlu diremajakan dengan memberika pupuk alami atau kompos. Sehingga, tidak memicu kerusakan lingkungan dan meningkatkan pertumbuhan hama.

Mengurangi polusi udara

Masih berhubungan dengan pemanfaatan sisa makanan menjadi bahan kompos, sisa makanan yang dijadikan kompos mengurangi polusi.Selain itu, sampah kering yang berasal dari tumbuhan dapat dimanfaatkan menjadi bahan kompos dan menghindari pembakaran.Tak perlu diragukan lagi, kompos memang salah satu pupuk yang ramah lingkungan.

Sebagai salah satu indikator kesuburan tanah

Tanah yang sehat memiliki kandungan organik yang tinggi, setidaknya 5%.Sedangkan jika kandungan organik tanah berada dibawah 5%, bisa dipastikan jika tanah tersebut sudah tidak subur lagi.Tanah yang akan digunakan sebagai tempat budidaya tentu harus mengandung bahan organik yang baik.Solusinya adalah dengan melihat tingkat kompos di sekitarnya dan jika masih kurang dapat diberikan kompos untuk meningkatkannya. 

Baca Juga:

Morfologi Pakis haji (Cycas rumpii) Beserta Penjelasannya


Ekonomis

Salah satu daya pikat kompos, selain diciptakan dengan kaya manfaat, kompos juga merupakan pupuk alami yang murah meriah.Anda tidak perlu kuatir tidak bisa membuat kompos. Bahannya dapat dibuat darimana saja, dari tumbuhan sekitar (dedaunan), sisa makanan dan bahkan kotoran hewan maupun manusia.Semua bahan tersebut tentu tidak susah didapatkan. Jadi anda dapat melakukannya dengan mudah dan ekonomis.
Dari tujuh manfaat tersebut diatas tentu membantu kita untuk membandingkan manfaat pupuk kompos jika dibandingkan dengan pupuk buatan.Dengan menggunakan kompos anda bukan saja mencintai diri sendiri, tetapi juga lingkungan, orang lain, bahkan generasi berikutnya.


EmoticonEmoticon