Klasifikasi Dan Morfologi Ubi Jalar ( Ubi Cilembu ) Lengkap

Tanaman ubi jalar adalah salah satu tanaman umbi-umbian yang menyimpan cadangan makanannya di bawah tanah.Sama halnya dengan tanaman sejenis umbi-umbian lainnya seperti singkong dan kentang, tanaman ubi jalar mengandung gizi yang sangat tinggi.Di Indonesia, tanaman ubi jalar sudah banyak dibudidayakan dan cukup populer seperti singkong.Ubi jalar lebih cocok ditanam pada lahan yang lempung dengan sistem drainase yang baik karena jika di lahan yang banyak genangan air akan menyebabkan umbi cepat busuk.
Pembudidayaan tanaman ubi jalar yang dilakukan secara organik, pupuk yang digunakan adalah pupuk kompos.Tanaman ubi jalar yang ditanam di Indonesia ada 3 jenis. Untuk lebih memahaminya berikut penjelasannya.
Kingdom         : Plantae
Fillum              : Spermatophyta
Kelas               : Dicotyledone
Ordo                : Convolvulales
Famili              : Convulvulaceae
Genus              : Ipomea L.
Spesies            : Ipomea batatas L.
Tanaman yang dikenal dengan nama sweet potato ini, termasuk dalam tumbuhan yang tumbuh semusim yang mempunyai bagian utama terdiri dari batang, umbi, daun, bunga, dan buah.Tanaman ubi jalar mempunyai batang yang berbentuk bulat, berbuku-buku, tidak berkayu, dan tipe pertumbuhan merambat.

Baca Juga:

Faktor-faktor yang mempengaruhi Vertikultur; Teknik Bertanam di Lahan Sempit


Umumnya tanaman ubi jalar mempunyai batang dengan panjang antara 2 – 3 meter.Ukuran batang tanaman ubi jalar tergantung pada jenis tanaman ubi jalar misalnya batang yang besar, kecil, dan sedang. Batang tanaman ubi jalar ada yang berwarna hijau tua, dan keunguan.Umbi tanaman ubi jalar mempunyai bentuk bulat tidak rata dan terkadang ada lonjong.Umbi pada ubi jalar memiliki berat ideal antara 200 – 300 gr/umbi.Warna pada umbi tanaman ubi jalar ada yang berwarna putih, kuning, bahkan berwarna keunguan dan memiliki kulit sangat tipis.

Daun tanaman ubi jalar berbentuk bulat dan lonjong dengan tepi daun yang rata.Daun pada tanaman ubi jalar juga mempunyai lekukan yang sangat dalam. Warna daunnya hijau tua dan terkadang ada daun dengan warna yang agak kekuningan.Ubi jalar mempunyai bunga berbentuk terompet dengan bunga tersusun dari 5 helai daun mahkota, 1 helai putik dan 5 helai daun bunga. Mahkota bunga ubi jalar berwarna putih.Pagi hari adalah waktu bagi bunga ubi jalar untuk mekar, tepatnya pukul 04.00 – 11.00. Jika bunga ubi jalar mengalami penyerbukan buatan maka bunga akan membentuk buah.Ubi jalar mempunyai buah berbentuk bulat berkotak tiga, kulit yang keras, dan memiliki biji.

Apa saja manfaat ubi cilembu ini? Berikut beberapa manfaat ubi cilembu :
  1. SUMBER ENERGI
Ubi cilembu mengandung karbohidrat, lemak, protein, dan mineral yang jika dihitung mempunyai kalori yang cukup tinggi sehingga dapat membantu memenuhi kecukupan kalori tubuh setiap harinya.
  1. MENGHANGATKAN TUBUH
Ubi cilembu dapat membantu menghangatkan tubuh.
  1. MENCEGAH PENYAKIT KANKER
Ubi cilembu mengandung antioksidan tinggi sehingga dapat mencegah kanker dan tumor.
  1. MENCEGAH PENYAKIT JANTUNG DAN MENJAGA KESEHATAN JANTUNG
Ubi cilembu mengandung potassium yang baik bagi kesehatan jantung dan menjaga detak jantung normal. Hal ini mencegah munculnya gangguan – gangguan – gangguan pada jantung seperti serangan antung dan gagal jantung.
  1. MENCEGAH STRES DAN DEPRESI
Mengkonsumsi ubi cilembu dapat mengurangi depresi dan stres.
  1. SEBAGAI ANTI AGING
Antioksidan dan beberapa vitamin pada ubi cilembu dapt mencegah proses penuaan.
  1. MENJAGA KESEHATAN KULIT
Karena vitamin dan mineral pada ubi cilembu akan membantu menjaga kesehatan, kekenyalan, kecerahan, dan kehalusan kulit. Untuk hasil yang maksimal cobalah mengkonsumsinya dengan rutin.
  1. MENJAHA DAYA TAHAN TUBUH
Ubi cilembu mengandung vitamin C yang penting dalam mengoptimlkan kekebalan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh.
  1. MENJAGA KESEHATAN MATA
Ubi cilembu mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata sehingga mencegah menurunnya daya penglihatan dan mempertajam penglihatan bagi yang minus dan plus.
  1. BAIK UNTUK GINJAL
Potassium pada ubi cilembu dapat mencegah terjadinya gangguan – gangguan pada ginjal seperti gagal ginjal dan batu ginjal.
  1. BAIK UNTUK PENDERITA DIABETES
Kandungan gula pada ubi cilemb tidak terlalu berpengaruh terhadap kadar gula darah sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.
  1. MEMPERLANCAR PEREDARAN DARAH DAN MENCEGAH GEALA ANEMIA
Zat besi yang dikandung ubi cilembu baik untuk melancarkan peredaran darah dan mencegah gejala anemia.
  1. BAIK UNTUK KESEHATAN TULANG, SYARAF, DAN OTOT


Baca Juga:

Pengertian, Tujuan dan Manfaat Mulsa Organik Bagi Tanaman dan Tanah


Penelusuran yang terkait dengan Morfologi Tanaman Ubi Cilembu
  • ciri ciri daun ubi jalar
  • akar ubi jalar
  • bentuk akar ubi jalar
  • nama latin ubi jalar ungu
  • morfologi ubi jalar pdf
  • syarat tumbuh ubi jalar
  • habitat ubi jalar
  • botani tanaman ubi jalar


EmoticonEmoticon