Kandungan Gizi Ubi Jalar dan Manfaatnya Lengkap


Manisnya Nutrisi di Dalam Manfaat Ubi Jalar - Ubi jalar dulu dikenal sebagai makanan pedesaan, kini telah dikenal secara luas di dunia karena telah diketahui ubi yang rasanya manis dan lezat ini banyak nutrisi penting untuk kesehatan Kandungan nutrisi dalam ubi jalar seperti Vitamin A, vitamin C vitamin E, beta karoten, magnesium, kalium, dan antioksidan.Beberapa varietas ubi jalar berdasarkan perbedaan warna seperti oranye, putih, kuning, merah dan warna ungu.Ada varietas ketela rambat yang dikenal lebih manis dan berasal dari daerah malang jawa timur yakni ketela gunung kawi.Namun semua varietas ketela rambat yang ada, rata-rata mempunyai kandungan nutrisi yang sama. 

Menurut artikel yang diterbitkan oleh Komisi Sweet Potato North Carolina, dari 58 jenis sayuran yang diteliti, ditemukan bahwa ubi jalar ialah termasuk makanan dalam daftar terbaik.Ubi jalar merupakan makanan manis bebas lemak, namun mengandung 76,9% dari kebutuhan harian vitamin A dan 65% vitamin C dalam 1 porsi.Ubi jalar aman dikonsumsi oleh hampir semua usia bahkan untuk bayi diatas 6 bulan. Kandungan serat yang tinggi dalam ubi jalar membantu pencernaan awal untuk peralihan ke makanan padat.
Ubi jalar sangat dikenal mengandung beta karoten yang tinggi yang merupakan antioksidan alami untuk meningkatkan ketahanan tubuh dari radikal bebas dan penyakit. Ubi jalar mengandung Vitamin C, Vitamin B, dan fosfor dalam jumlah cukup tinggi sehingga ampuh melawan infeksi.

Baca Juga:

Biografi Yos Sudarso Pahlawan Nasional Indonesia


Makanan ini juga dimasukkan sebagai salah satu makanan terbaik yang dianjurkan untuk ibu hamil.Berdasarkan RDA, nutrisi tertinggi dari ubi jalar dengan berat yang 100 gr adalah vitamin A sebesar 14.187 IU yang hampir sama dengan vitamin A dalam wortel yang berjumlah 16.706 IU.Ubi jalar juga mengandung magnesium , seng, dan vitamin B tinggi sebagai kombinasi nutrisi yang terbukti bermanfaat menyembuhkan dan mengurangi rasa sakit dikarenakan radang sendi dan pembengkakan.
Ubi jalar juga terdaftar sebagai makanan yang baik untuk mengurangi gejala sakit secara efektif untuk penderita arthritis karena ia kaya akan mineral.

Berikut manfaat ubi jalar bagi kesehatan :
  • Mengurangi risiko diabetes dan penyakit jantung karena mempunyai menstabilkan gula darah dan resistensi insulin yang lebih rendah. Karotenoid dalam ubi jalar bermanfaat mengatur kadar gula darah.
  • Tinggi serat sehingga mengurangi risiko kanker usus dan sembelit.
  • Beta-karoten dalam ubi jalar sebagai antioksidan kuat untuk melawan radikal bebas.
  • Kalium berfungsi menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit serta integritas sel.
  • Dapat mengurangi tekanan darah.
  • Jika dikonsumsi secara teratur, dapat meredakan peradangan pada lambung dan usus pada maag kronis.
  • Kalsium dan zat besi membantu meningkatkan produksi sel darah merah dan meningkatkan kepadatan tulang.
  • Membantu penderita imsomnia.
  • Mencegah stroke karena menghambat pembekuan darah.
  • Membantu kulit terlihat lebih cerah dan kelihatan lebih muda.
  • Kandungan beta-karoten yang tinggi mengubah vitamin A dalam tubuh menjadi DNA yang bertujuan menghasilkan sel-sel kulit baru.

Baca Juga:

Biografi Teuku Umar Pahlawan Nasional Indonesia



 Penelusuran yang terkait dengan Kandungan dan Manfaat Ubi Jalar
  • manfaat ubi jalar putih
  • manfaat ubi jalar ungu
  • kandungan dan manfaat singkong
  • efek samping ubi jalar
  • kandungan ubi jalar putih
  • kandungan gizi ubi jalar kuning
  • jelaskan manfaat kandungan serat dalam singkong
  • manfaat ubi jalar untuk diet


EmoticonEmoticon