Kandungan dan Manfaat Serai Bagi Kesehatan pada Tubuh Manusia

Kandungan Dan manfaat Daun Serai - Manfaat daun serai bagi kesehatan, kulit, dan kecantikan bukan rahasia lagi bagi masyarakat Indonesia.Bagi masyarakat Indonesia, tentunya sudah tidak asing lagi dengan daun serai. Daun serai ini adalah salah satu bumbu untuk berbagai masakan khas Indonesia.Seperti yang kita ketahui, pada bumbu masakan serai menghasilkan aroma masam seperti lemon, sehingga menambahkan aroma pada makan.Serai selain dimanfaatkan untuk bumbu masakan, ternyata memiliki manfaat lain untuk tubuh kita.Serai merupakan rempah yang termasuk dalam keluarga Poaceae. Nama ilmiahnya Cymbopogon citratus. Asal tumbuhan ini dari bagian Selatan India dan Sri Lanka. 

 Baca Juga:

Biografi Abdul Haris Nasution “ Pahlawan Nasional Indonesia "


Daun serai sudah menjadi salah satu bahan terkenal di Thailand, Vietnam, Malaysia, Kamboja, Indonesia, dan beberapa negara di benua Afrika dan Amerika untuk kuliner dan obat.Manfaat daun serai untuk kesehatan sangat banyak sekali, tidak heran jika daun serai sering dipakai untuk bahan obat-obatan herbal berbagai keluhan penyakit. 

  1. ANTI KANKER
Serai mengandung citral yang merupakan salah satu zat anti-kanker yang bisa membunuh sel kanker tapi, tetap mempertahankan sel sehat dalam tubuh kita. Minum air rebusan serai tidak berarti akan menyembuhkan kanker secara permanen, melainkan hanya membantu.

  1. DIABETES
Teh serai bisa membantu untuk membersihkan pankreas dan meningkatkan fungsinya sehingga menurunkan tingkat gula darah bagi penderita diabetes.

  1. ANEMIA
Daun serai mengandung zat besi untuk mensintesis hemoglobin dan membantu meingkatkan zat besi sehingg baik dikonsumsi oleh penderita anemia.

  1. MEMBERSIHKAN BAKTERI DAN INFEKSI JAMUR
Serai bersifat antiseptik baik untuk menghilangkan mikroorganisme patogen pada tubuh, detoksifikasi, dan membersihkan darah.

  1. ANTI INFLAMASI DAN ANTI SEPTIK
Serai bersifat anti-inflamasi dan anti-septik sehingga baik untuk mengobati arthritis, asam urat, dan radang saluran kemih.

  1. SEBAGAI MINYAK ANGIN
Daun Serai mengandung minyak atsiri sehingga bisa digunakan untuk masalah saluran pernapasan. Umumnya daun serai dapat digunakan untuk meringankan gejala yang berhubungan dengan flu dan demam dingin.

  1. DETOKSIFIKASI
Serai bersifat anti-oksidan, anti-septik, dan efek diuretik dapat dimasukkan dalam diet saat detoksifikasi. Proses ini sangat membantu untuk membersihkan dan memurnikan hati, ginjal, kandung kemih, pankreas dan meningkatkan sirkulasi darah. Efek diuretik membantu mengeluarkan racun secara efektif.

Baca Juga:

Biografi Lengkap Abdul Wahid Hasyim, Sang Kiai Muda Nasionalis


  1. MENURUNKAN BERAT BADAN
Minum teh serai membantu mencairkan lemak dengan cara detoksifikasi. Efek diuretik membantu melancarkan BAB dalam volume tinggi, efektif dan cepat, sehingga dapat menurunkan berat badan.

  1. INSOMNIA
Kegiatan pemurnian dan efek menenangkan dari serai membantu meningkatkan proses dan kualitas tidur
Penelusuran yang terkait dengan Kandungan dan Manfaat Tanaman Serai
  • kandungan kimia sereh
  • kandungan serai sebagai pestisida
  • kandungan daun serai pdf
  • kandungan yang terkandung dalam serai
  • kandungan gizi sereh
  • kandungan minyak sereh
  • kandungan kimia sereh wangi
  • kandungan serai merah


EmoticonEmoticon