Biografi Rudolf Hell Penemu Mesin Fax

Rudolf HellKumpulan Biografi Terlengkap - Rudolf Hell lahir di Eggmühl, Jerman pada tanggal 19 December 1901, adalah seorang Penemu asal Jerman. Ia terkenal dengan penemuannya yakni Mesin Fax yang diberi nama Hellschreiber. Rudolf Hell, yang menjadi penggagas awal dalam mekanisme pengiriman dan scanning dokumen pada mesin faks.

Antara tahun 1919-1923 ia belajar teknik elektro di Munich. Dia bekerja di sana dari tahun 1923-1929 sebagai asisten Prof Max Dieckmann, yang mengoperasikan sebuah stasiun televisi di Verkehrsausstellung di Munich pada tahun 1925. Pada tahun yang sama Rudolf Hell  menciptakan suatu alat yang disebut Hellschreiber,dengan alat tersebut ia ia menjadi dikenal sebagai seorang pelopor awal mesin faks. Hell menerima paten untuk Hellschreiber pada tahun 1929.

Pada tahun 1929 ia mendirikan perusahaan sendiri di Babelsberg, Berlin. Setelah Perang Dunia II ia kembali mendirikan-perusahaan di Kiel. Dia terus bekerja sebagai seorang insinyur dan menciptakan mesin yang dapat dikontrol secara elektronik dari pelat cetak dan sistem foto typesetting elektronik yang disebut digiset dipasarkan di Amerika Serikat sebagai VideoComp oleh RCA dan kemudian oleh III .

Baca Juga:

Biografi Rudolf Christian Karl Diesel Lengkap



Ia telah menerima berbagai penghargaan seperti Knight Komandan Cross of the Order of Merit Republik Federal Jerman, the Gutenberg Prize diberikan oleh City of Mainz, Werner von Siemens dan Eduard Rhein Ring of Honor dari Yayasan Eduard Rhein  Jerman (1992).
Hellschreiber model 72 gl
Perusahaannya diambil alih oleh Siemens AG pada tahun 1981 dan bergabung dengan Linotype pada tahun
1990, menjadi Linotype-Hell AG.

Rudolf Hell meninggal di Kiel, Jerman pada 11 Maret 2002.

Hellschreiber masih digunakan sampai sekarang oleh operator Radio Amatir di seluruh dunia. The Feld Hell Klub memegang kontes bulanan dan diberikan penghargaan untuk operator Radio Amatir yang membuat kontak menggunakan mode komunikasi unik .


EmoticonEmoticon