Biografi Robert Fulton - Mengembangkan kapal uap

Robert FultonKumpulan Biografi Terlengkap - Robert Fulton adalah seorang insinyur Amerika dan penemu yang secara luas dipuji karena mengembangkan kapal uap pertama yang sukses secara komersial. Di tahun 1800 dia ditugaskan oleh Napoleon Bonaparte untuk merancang Nautilus, yang pertama dalam sejarah kapal selam praktis. Fulton lahir 14 November 1765 dan meninggalal pada 24 Februari 1815).

Kehidupan awal

Robert Fulton lahir di sebuah pertanian di Little Britain, Pennsylvania , pada tanggal 14 November 1765. Dia memiliki setidaknya tiga saudara - Isabella, Elizabeth, dan Mary, dan adik laki-laki, Abraham. Ayahnya, Robert, telah menjadi teman dekat ayah dari pelukis Benjamin. Fulton kemudian bertemu di Inggris dan mereka menjadi teman.

Fulton tinggal di Philadelphia selama enam tahun, di sana ia melukis potret dan lanskap, rumah dan mesin, dan mampu mengirim uang untuk membantu mendukung ibunya. Pada 1785 ia membeli sebuah peternakan di Hopewell, Pennsylvania dengan harga £ 80 Sterling kemudian ibu dan keluarganya pindah ke sana. Sementara di Philadelphia, ia bertemu Benjamin Franklin dan tokoh-tokoh lainnya. Pada usia 23 dia memutuskan untuk mengunjungi Eropa.

Baca Juga:

Biografi René-Théophile-Hyacinthe Laennec Penemu stetoskop




Eksperimen pertama
Sebuah gambar dari penemuan Fulton Nautilus


Pada tahun 1777 Fulton telah  tertarik pada kapal uap, ketika ia mengunjungi William Henry dari Lancaster, Pennsylvania, yang sebelumnya belajar tentang mesin uap James Watt pada kunjungan ke Inggris. Henry kemudian membuat mesin sendiri dan pada tahun 1767 ia telah mencoba meletakkan mesin ke perahu. Eksperimen itu gagal karena kapal tenggelam, tetapi minatnya terus berlanjut.

Pada 1786, Fulton pergi untuk belajar melukis di Paris, dan di sana ia bertemu James Rumsey, yang duduk untuk potret di studio Benyamin Barat di mana Fulton adalah seorang murid. Rumsey adalah seorang penemu dari Virginia yang mengelola sendiri kapal uap pertama di Shepherdstown (sekarang di West Virginia) pada tahun 1786.

Pada awal 1793, Fulton mengusulkan rencana untuk kapal bertenaga uap baik Amerika Serikat dan pemerintah Inggris, dan di Inggris ia bertemu dengan Duke of Bridgewater. Symington telah berhasil mencoba kapal uap pada 1788.

Percobaan pertama yang berhasil berawal dari sebuah kapal uap yang telah dibuat oleh penemu John Fitch pada Sungai Delaware pada 22 Agustus 1787, di hadapan delegasi dari Konvensi Konstitusional. Hal ini didorong oleh bank dayung di kedua sisi kapal. Tahun berikutnya Fitch meluncurkan perahu 60 kaki (18 m) yang diaktifkan oleh mesin uap. Mengayuh dayung ini dengan cara yang mirip dengan gerakan kaki bebek di  kolam. Dengan perahu ini ia membawa tiga puluh penumpang pada berbagai round-trip perjalanan antara Philadelphia dan Burlington, New Jersey.

Pada 26 Agustus 1791 Fitch diberikan hak paten  setelah melalui perselisihan dengan Rumsey, yang telah menciptakan penemuan serupa.

Tahun 1797, Fulton pergi ke Perancis, di mana Claude de Jouffroy telah membuat kapal uap yg beroda. pada tahun 1783 mulai bereksperimen dengan kapal selam torpedo dan kapal torpedo. Fulton adalah penemu panorama pertama akan ditampilkan di Paris, yang selesai pada 1800. Jalan di mana panorama ditunjukkan masih disebut ” ‘Rue des Panorames’” (Panorama Street) sekarang.

Ketika tinggal di Perancis Fulton merancang kapal selam pertama, Nautilus antara 1793 dan 1797. Dia meminta pemerintah untuk mensubsidi pembangunannya tapi ia menoleh ke bawah dua kali. Akhirnya ia mendekati Menteri Kelautan dan pada tahun 1800 diberi izin untuk membangun.


EmoticonEmoticon