Biografi Lengkap Sam Ratulangi - Sang Pahlawan Nasional

   Profil Sam Ratulangi   

Nama : Dr. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi
Tempat Lahir : 5 November 1890, Tondano, Sulawesi Utara
Meninggal : 30 Juni 1949, Jakarta, Indonesia (umur 58 tahun)
Makam : Tondano
Agama : Kristen
Warga Negara : Indonesia

   Biografi Sam Ratulangi   

Dr. Gerungan Samuel Jacob Ratulangi atau lebih dikenal sebagai Sam Ratulangi adalah pahlawan ala tondano dan Manado Sulawesi utara. Ia adalah seorang akademisi yang Sangat terkenal. Ia mulai pejalan pendidikannya di sebuah seolah dasar milik Belanda hingga ke sekolah raja setara SMA. Selanjutnya ia bisa memperoleh gelar ijazah guru ilmu pasti dari University di Amsterdam Belanda. Sungguh biografi Sam Ratulangi adalah seorang akademisi ilmu pasti yang sangat cerdas.
 
Ia lalu melanjutkan sekolahnya di Swiss dan mengambil gelar masternya di universitas of Zurich. Di sana ia juga melanjutkan ke tingkat doktor hingga dia sekarang sudah memperoleh gelar sebagai doktor ilmu pasti dan ilmu alam. Ia sangat berjasa dalam perjuangan melawan pembodohan dan kolonialisme Belanda di Manado. Ia memperjuangkan pendidikan masyarakatnya dengan baik. Ia juga ditunjuk atau terpilih sebagai gubernur pertama Sulawesi utara yang membawa kemajuan dan perubahan di Sulawesi utara. Ia adalah pejuang pendidikan dan masyarakat yang gigih. Oleh karena itu namanya banyak diabadikan dan selain itu ia juga bergelar pahlawan nasional Indonesia. biografi Sam Ratulangi pun berlanjut.

Soekarno dan Sam Ratulangi
Soekarno dan Sam Ratulangi
Selanjutnya dam Ratulangi banyak menghabiskan waktunya selama menjadi gubernur untuk kepentingan masyarakat Sulawesi khususnya tanah kelahiran yatondano dan kota Manado. Os adalah seorang yang cerdas. Oleh karena itu dia bisa meraih gelar doktor di bidang ilmu alam dengan mudah tanpa ada halangan yang berarti. Dia juga cukup dihormati sebagai seorang akademisi hingga perjalanan sekolahnya sang dam Ratulangi cukup mulus. Biografi sam Ratulangi pun berlanjut.

Ia pun diberi gelar pahlawan nasional dan namanya diabadikan menjadi nama bandara internasional di Manado yang disebut bandara internasional sam Ratulangi. Selain itu namanya juga dikenang di jalan jalan di Sulawesi dan dan daerah daerah lainnya di Indonesia. kegigihan dam Ratulangi dalam mencari ilmu juga bisa jadi contoh bagi kita semua. Demikian biografi Sam Ratulangi.

Nah, anda sekarang lebih mengetahui tentang biografi Sam Ratulangi. Seorang tokoh pahlawan dan pendidikan serta pejuang birokrasi di masnya yang begitu mengedepankan kepentingan masyarakat di Atas kepentingan pribadinya. Ia jua merupakan contoh akademisi yang baik serta gigih yang dapat diteladani oleh anak anak agar mereka juga meniru perjuangan para pahlawannya termasuk perjuangan dam Ratulangi. Sekarang banyak sekali anak-anak dan generasi muda yang tak memperdulikan atau kurang serius ala menempuh pendidikannya. Oleh karena itu perjuangan para pahlawan. Lalu bagaimana dengan kita putra putri bangsa mas kini yang justru malah banyak membebani bangsa serta negara. Ingatlah pedoman dari sam Ratulangi. Seorang manusia belum bisa dikatakan manusia jika belum dapat memanusiakan manusia lainnya.
Monumen dan Makam Sam Ratulangi
Monumen dan Makam Sam Ratulangi

   Pendidikan Sam Ratulangi   

  • Sekolah Dasar Belanda SD (Europesche Lagere School)
  • Teknik Koninginlijke Wilhelmina School (SMK Negeri 1 Jakarta Budi Utomo)
  • Sekolah Raja:setingkat SMA (Hoofden School)
  • Universitas Amsterdam (Universiteit van Amsterdam)
  • Gelar Doktor der Natur-Philosophie (swiss)
  • Ilmu Pasti dan Ilmu Alam di Universitas Zürich tahun 1919




   Penghargaan Sam Ratulangi   

  • Pahlawan Nasional


EmoticonEmoticon