Biografi Gottlieb Wilhelm Daimler - Penemu Motor Dan Mobil

Kumpulan Biografi Terlengkap - Gottlieb Wilhelm Daimler (terlahir Däumler, 17 Maret 1834 – 6 Maret 1900) dikenal sebagai seorang penemu dan pionir di bidang otomotif Jerman. Pada tahun 1890 ia berhasil mengembangkan mesin pembakaran internal, dan pada tahun 1883 Daimler menciptakan mesin yang bertenaga bensin, dan mematenkan mesin empat tak. Daimler membuat mobil pertama (bersama dengan Carl Friedrich Benz).

Pada tahun 1890, ia mendirikan Daimler Motoren Gesellschaft (DMG). Dua puluh empat tahun tahun setelah kematian Daimler, manajemen DMG menandatangani persetujuan kooperatif jangka panjang dengan Benz & Cie. milik Carl Benz, dan pada tahun 1926 kedua perusahaan itu bergabung untuk membentuk Daimler-Benz AG, yang kini bagian Daimler AG. 

Motor Pertama Bermesin bensin
Gottllieb Daimler 1885 MotorcycleGottlieb Daimler menciptakan sepeda motor pertama  bermesin bensin pada tahun 1885, merupakan mesin yang melekat pada sepeda kayu. Itu menandai momen dalam sejarah ketika pengembangan dual mesin bertenaga bensin yang layak dan sepeda modern
Gottlieb Daimler menggunakan mesin yang telah diciptakan oleh insinyur, Nicolaus Otto . Otto menemukan "Four-Stroke Internal-Combustion Engine" pertama pada tahun 1876. Dia menyebutnya "Siklus Otto Mesin" Segera setelah ia menyelesaikan mesinnya, Daimler (mantan karyawan Otto) membangun sebuah sepeda motor. (Daimler bekerja sebagai direktur teknis Deutz Gasmotorenfabrik, yang dimiliki Nicolaus Otto co pada tahun 1872)

Mobil Empat Roda Pertama di Dunia
Gottlieb Daimler irst mobil roda empatTahun 1885 Daimler-Maybach membuat mesin yang memiliki spesifikasi:  kecil, ringan, cepat, menggunakan karburator bensin injeksi, dan memiliki silinder vertikal. Ukuran, kecepatan, dan efisiensi dari mesin diperbolehkan untuk sebuah revolusi dalam desain mobil.
Pada 8 Maret 1886, Daimler mengambil sebuah stagecoach(perhentian) (dibuat oleh Wilhelm Wimpff & Sohn) dan diadaptasi untuk menahan mesinnya, kemudian dirancanglah mobil roda empat pertama di dunia.
Pada tahun 1889, Gottlieb Daimler menciptakan V-miring dua silinder, mesin empat-stroke dengan katup berbentuk jamur. Sama seperti mesin Otto yang dibuat 1876, mesin baru Daimler menetapkan dasar untuk semua mesin mobil ke depan.
Transmisi Empat Kecepatan

Pada tahun 1889, Daimler dan Maybach membangun mobil pertama mereka. mobil baru Daimler memiliki transmisi empat percepatan dan memperoleh kecepatan 10 mph.

Baca Juga:

Biografi Radin Inten II, Putera Lampung Yang Melawan Penjajah



Daimler Motoren Gesellschaft

Gottlieb Daimler mendirikan Daimler Motoren Gesellschaft-pada tahun 1890 untuk memproduksi desainnya. Wilhelm Maybach berada di balik desain mobil Mercedes. Maybach akhirnya meninggalkan Daimler untuk mendirikan pabrik sendiri untuk membuat mesin untuk Zeppelin airships .

First Automobile Race

Pada tahun 1894 diadakan balapan mobil pertama di dunia yang dimenangkan oleh mobil dengan mesin yang dibuat oleh Daimler.

(sumber: about.com, wikipedia)

Gottlieb DaimlerGottlieb Daimler
Informasi Pribadi :
Lahir:  17 Maret 1834, Schorndorf , Württemberg
Meninggal: 6 Maret 1900 (umur 65)
Kebangsaan:  Jerman
Pendudukan:  Engineer, industrialis, pelopor otomotif
Dikenal: Daimler Motoren-Gesellschaft (Daimler Motors Corporation, DMG)


EmoticonEmoticon